ASURANSI

Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Syarif Maulana
04-Apr-2020

Saat ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya melakukan perlindungan atau proteksi dari risiko-risiko buruk yang mungkin terjadi di masa depan. Pasalnya, saat ini banyak kejadian yang tiba-tiba bisa hadir seperti banjir, kebakaran, kecelakaan, dan risiko-risiko lainnya. Untuk melindungi nasabah, perusahaan asuransi memperluas perlindungan yang diberikan melalui beberapa jenis asuransi yang ada. Saat ini sudah banyak jenis asuransi untuk segala keperluan. Berikut beberapa jenis-jenis asuransi yang wajib kamu ketahui:

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang akan memberikan proteksi berupa dukungan finansial atas kematian tertanggung ini sudah cukup populer di Indonesia. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun kini sudah makin beragam. Ada perusahaan asuransi yang membayarkan klaim setelah kematian, ada pula perusahaan yang memberikan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi satu ini juga sudah sangat umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Bahkan pemerintah Indonesia telah mewajibkan seluruh penduduk untuk memiliki asuransi kesehatan plat merah, BPJS Kesehatan. Namun sudah banyak pula perusahaan asuransi swasta besar seperti Prudential, Allianz, AIA,? Cigna, dan Manulife yang menawarkan produk asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan akan menanggung biaya proses perawatan jika tertanggung sakit. Setiap produk asuransi memiliki cakupan penyakit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih produk asuransi kesehatan yang memiliki cakupan yang luas.

Asuransi Kendaraan

Asuransi Properti

Sebagai aset yang berharga, jenis asuransi yang satu ini akan memberikan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu di properti milik pribadi tertanggung. Asuransi ini juga memberikan keringanan apabila properti tertanggung terdampak musibah seperti kebakaran atau kebanjiran. 

Asuransi Pendidikan

Pendidikan untuk anak kini sudah menjadi prioritas para orang tua. Biaya pendidikan yang selalu naik tahun demi tahun, membuat para orang tua kini sadar untuk memiliki perlindungan biaya pendidikan untuk anak-anak mereka dengan asuransi pendidikan. Sebab asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik untuk menjamin aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung biasanya akan berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya.

Asuransi Perjalanan

Asuransi jenis ini akan akan memberikan proteksi kepada nasabah dengan jangka waktu pendek yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang. Jadi, jika kamu akan traveling dengan jarak yang cukup jauh dan membeli asuransi perjalanan sebelum berangkat, maka kamu akan mendapatkan proteksi berupa penanggungan biaya untuk kecelakaan yang mungkin menimpamu, santunan kecelakaan pribadi, biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga perlindungan barang bawaan jika hilang ataupun rusak selama perjalanan. 

Asuransi Umum

Asuransi umum atau general insurance berfungsi untuk memberikan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Perlindungan asuransi umum memiliki rentang waktu jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun). Ada beberapa dua jenis asuransi umum yang ada di Indonesia, yaitu Social Insurance (Jaminan Sosial) dan Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela).

Asuransi Kredit

Jenis asuransi lain yang bisa kamu pilih adalah asuransi kredit. Asuransi yang satu ini akan melindungi kamu dari risiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti kredit perdagangan, modal kerja, atau kebutuhan lainnya. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi lembaga keuangan dan bank dari kemungkinan tidak memperoleh kembali uang yang diberikan kepada nasabah.

Nah, itulah 8 jenis asuransi yang memang tersedia di Indonesia. Kamu bisa membeli produk asuransi di atas untuk melindungi diri kamu dan keluarga dari risiko-risiko yang mungkin terjadi. Pastikan kamu memilih asuransi yang baik untuk kamu dan keluarga agar kamu bekerja dengan tenang dan dapat merasa terlindungi.